surat

Surat Rekomendasi Atau Surat Referensi – Mana Itu?

Dari lebih dari dua juta pengunjung tahunan ke dua situs web “bantuan penulisan” utama saya, lebih dari 60% dari mereka mencari beberapa jenis bantuan penulisan surat, dan dari mereka, 50% mencari bantuan dengan menulis “surat dari” rekomendasi “atau” surat referensi. “

Contoh Surat Lamaran Kerja – Mengapa begitu banyak orang memerlukan bantuan dengan surat rekomendasi melebihi dan di atas semua jenis surat lainnya, Anda mungkin bertanya? Nah, alasan utamanya adalah ini – mereka JAUH huruf yang paling sulit untuk ditulis. Alasan utamanya adalah sebagai berikut:

SURAT REKOMENDASI ​​ADALAH KUNCI

Surat rekomendasi selalu memiliki implikasi penting karena mereka adalah kunci untuk diterima (atau TIDAK) untuk hal-hal seperti: pekerjaan dan promosi, penerimaan program perguruan tinggi dan universitas, keanggotaan dalam klub dan asosiasi, kualifikasi untuk penghargaan dan beasiswa, persetujuan bantuan keuangan, izin masuk ke dalam program khusus, dll.

Konsekuensi untuk mengacaukan surat rekomendasi bisa sangat serius, dan benar-benar dapat mengubah jalan hidup seseorang – baik hidup Anda sendiri, atau orang lain tentang siapa Anda menulis surat itu. (Bayangkan saja mengacaukan hidup seseorang karena Anda tidak akan mengambil waktu atau kesulitan untuk mendapatkan surat rekomendasi dengan benar!).

MENGAPA BANYAK BINGUNG?

Ada banyak kebingungan tentang seluruh subjek penulisan “surat rekomendasi”. Banyak orang tidak tahu perbedaan dan / atau kesamaan di antara berbagai jenis surat kesaksian: surat rekomendasi, surat rekomendasi, surat referensi, surat referensi, surat pujian, surat evaluasi kinerja, surat pengakuan, dll.

Jadi, SEBELUM Anda melangkah lebih jauh, izinkan saya menjelaskan secara singkat beberapa poin pada seluruh surat rekomendasi ini dan / atau masalah surat referensi sehingga Anda tidak masuk ke jalur yang salah secara tidak perlu, dan berakhir dengan informasi yang salah tentang bagaimana untuk menulis jenis huruf yang salah untuk situasi Anda.

Kebetulan ada banyak kebingungan tentang perbedaan dan persamaan antara surat rekomendasi dan surat referensi. Contohnya; yang mana, dan mengapa? Bagaimana mereka berbeda? Dalam hal apa mereka serupa?

Cukup membingungkan bagi kebanyakan orang yang hanya perlu menulis salah satu dari surat-surat ini sesekali. Namun, ketika Anda melihat secara mendalam seperti yang saya miliki, dan menyadari bahwa banyak dari yang disebut “pakar” bahkan tidak tahu perbedaan antara surat rekomendasi dan surat referensi, keadaan kebingungan secara umum sangat bisa dimengerti .

MENARIK KEBINGUNGAN

Sejak saya menulis buku pertama saya tentang hal ini, saya telah mengamati seluruh masalah dengan seksama dan telah melakukan penelitian tambahan, membuat saya menyimpulkan yang berikut:

o Banyak orang dan lembaga menggunakan istilah “surat rekomendasi” untuk berarti KEDUA surat rekomendasi DAN surat referensi (sekitar 2/3).

o Banyak orang dan lembaga menggunakan istilah “surat referensi” untuk berarti KEDUA surat referensi DAN surat rekomendasi (sekitar 1/3).

o Kedua kelompok pada dasarnya berbicara tentang jenis huruf yang sama dalam pikiran mereka dan mereka tampaknya tidak menyadari bahwa ada perbedaan penting antara keduanya.

o Jadi, mereka yang menggunakan istilah “surat rekomendasi” SELALU menggunakan istilah itu. Mereka yang menggunakan istilah “surat referensi” SELALU menggunakan istilah itu.

… dan “tidak akan keduanya bertemu”, seperti kata pepatah.

Faktanya adalah bahwa ada DUA kategori utama dari surat-surat tersebut: Letters of Recommendation dan Letters of Reference. Dalam masing-masing kategori ini terdapat sejumlah jenis huruf yang berbeda, terutama dibedakan berdasarkan kategori penerima, tingkat rincian yang dicakup, dan tujuan spesifik surat itu.

Di bawah ini adalah bagaimana saya telah mendefinisikan dan membedakan mereka dalam buku saya yang populer tentang hal ini Kit Surat Rekomendasi Instan – Cara Menulis Surat Rekomendasi Kemenangan.

SURAT REKOMENDASI ​​- DEFINISI

“Surat rekomendasi” adalah surat yang secara khusus diminta tentang seseorang, dan karena itu selalu secara khusus ditujukan kepada pemohon tertentu. Secara umum, surat rekomendasi biasanya terkait dengan pekerjaan, atau penerimaan program perguruan tinggi dan / atau beasiswa.

Surat rekomendasi yang khas adalah:

o Surat rekomendasi terkait pekerjaan

o Surat rekomendasi penerimaan perguruan tinggi

o Surat rekomendasi atau pengakuan

o Surat evaluasi kinerja

SURAT REFERENSI – DEFINISI

“Surat referensi” biasanya bersifat lebih umum dan biasanya tidak ditujukan kepada pemohon tertentu. Biasanya, “surat referensi” dialamatkan sebagai; “Kepada Siapa Pun Ini Kepedulian” atau “Dear Sir / Madam”.

Surat referensi yang khas adalah:

o Surat referensi penilaian karakter

o Surat referensi umum terkait perguruan tinggi

o Surat referensi umum terkait pekerjaan

o Surat referensi umum

Catatan Perhatian:

Tampaknya entah bagaimana selama bertahun-tahun, garis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *