Sejarah dan Keistimewaan Masjid Dian Al-Mahri Dengan Kubah Emas

Masjid Dian Al-Mahri adalah sebuah masjid yang Juga dikenal sebagai Masjid Kubah Emas, Masjid Dian Al Mahri adalah masjid yang terletak di tepi Meruyung, Limo, jalan raya Depok di distrik Limo, Depok.

Masjid Kubah Emas dibangun oleh Dian Djuriah Rais binti Muhammad Rais, yang dikenal sebagai Dian Al Mahri, meninggal Jumat (29/3) pukul 02:15 waktu Indonesia Barat, saat matahari terbit di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Sejarah dan Keistimewaan Masjid Dian Al-Mahri Dengan Kubah Emas

Sejarah Masjid Kubah Emas

Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, seorang pengusaha dari Banten, mulai membangun Masjid Kubah Emas bersama suaminya, Maimun Al Rasyid, dengan membeli tanah pada tahun 1996.

Dikutip dari berabagi macam sumber terpercaya menjelaskan bahwa  proses pembangunan Masjid Kubah Emas memakan waktu cukup lama yakni enam tahun. Yang mana pembangunan masjid ini awalnya dimulai dengan pemasangan rangka serta konstruksi pada tahun 2001 dan secara resmi selesai pada akhir tahun 2006. Masjid ini dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006 bertepatan dengan Idul Adha, untuk pelaksanaan Doa Idul Fitri pada 1427 Hijriah pada waktu itu.

Dengan luas 50 hektar, bangunan masjid mencakup area seluas 60×120 meter atau sekitar 8000 meter persegi. Masjid Kubah Mas dapat menampung sekitar 20.000 jamaah.

Arsitektur paling indah di Asia Tenggara

Dibangun dengan gaya arsitektur Timur Tengah yang khas, masjid ini dikatakan sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara. Predikat ini bukan tanpa alasan.

Yuswohady dalam buku Marketing to the Middle Muslim Muslim (2014) mengungkapkan, Masjid Golden Dome memiliki 5 kubah utama dan 4 kubah kecil. Kubah ditutupi dengan emas 2 hingga 3 milimeter, dengan mosaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal di India atau kubah masjid khas Persia.

Logam emas ini memang menjadi daya tarik utama Masjid Dian Al Mahri. Tidak hanya pada kubah, emas juga digunakan sebagai ornamen untuk beberapa bagian masjid. Jual Kubah Masjid

Salah satu dari mereka di galeri tempat imam memimpin doa adalah relief dekoratif yang terbuat dari emas 18 karat. Ini termasuk pagar di lantai dua dan dekorasi kaligrafi di langit-langit masjid.

Lampu yang tergantung di ruang tamu bangunan utama, dilaporkan oleh Pikiran Rakyat, November 2007, terbuat dari 2,7 ton kuningan berlapis emas. Dian Al Mahri telah mempekerjakan tenaga ahli khusus dari Italia untuk mengerjakan bagian ini. Tidak hanya itu, bubuk Prada atau emas digunakan untuk menutupi mahkota kolom masjid, totalnya 168 buah.

Enam menara melambangkan pilar agama, yang berada di luar gedung masjid, dibalut granit dari Italia dengan ornamen melingkar. Di atas enam menara adalah kubah mosaik emas 24 karat. Sebagian besar bahan untuk membangun masjid ini telah diimpor dari Italia dan Turki.

Majalah Access, yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia Asia, menulis bahwa Masjid Golden Dome Dian Al Mahri menjadi salah satu tujuan wisata religi yang dikunjungi oleh lebih dari 50 ribu orang setiap akhir pekan . Selain sebagai tempat shalat, ia juga melakukan berbagai kegiatan keagamaan.

Berbicara soal kubah Masjid,tentunya di Indonesia saat ini sedang masif di temukan jasa-jasa penyedia Kontraktor Kubah Masjid dan tersebar luas di Kota-Kota besar di Indonesia.

Menurut arsitektur terkemuka, Prof. K Cresswell, dalam arsitektur Muslim awal, desain asli masjid Madinah tidak mengenal kubah sama sekali. Dalam rekonstruksi arsitekturalnya, Cresswell menyebutkan betapa sederhananya masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad itu. 

Namun,tentunya dengan banyaknya jasa kontraktor kubah masjid maka anda pun harus teliti dalam memilih dan pastikan bahwa konbtraktor kubah yang anda pilih benar benar mempunyai pengalaman dan mampu bekerja secara profesional.

Karena itu, kali ini kami memberi Anda beberapa informasi tentang tips memilih pembuat kubah masjid yang benar-benar berpengalaman.

Banyak penyedia layanan konstruksi dan instalasi kubah untuk masjid saat ini. Tapi itu sebenarnya bukan prioritas untuk kualitas. Jadi menemukan pembuat kubah masjid yang terpercaya benar-benar tidak mudah. Ada banyak produsen kubah masjid yang hanya menghasilkan keuntungan. Jika pembuat kubah masjid hanya memikirkan untung, kubah yang dibuat tidak optimal dan tidak bisa bertahan lama. Mereka menggunakan bahan yang tidak memiliki kualitas hanya karena bahan berkualitas tinggi memiliki harga mahal.

Menggunakan layanan kontraktor untuk kubah masjid juga menawarkan beberapa manfaat, termasuk membuat pekerjaan lebih efisien dan lebih cepat. Dengan sejumlah besar kontraktor kubah masjid, tidak mudah untuk menemukan seseorang yang benar-benar kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menemukan yang tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan perusahaan payung masjid.

survei

Saat memilih kontraktor untuk kubah masjid, Anda harus terlebih dahulu melihat hasil karyanya. Tentu saja, pembuat kubah bekerja pada banyak proyek berkualitas baik, dan Anda dapat melihat dan mengevaluasi hasil pekerjaan mereka jika Anda berhak memilih. Jika Anda tidak memiliki kualitas, Anda dapat mencari produsen kubah masjid lainnya. Pilih siapa yang memiliki pengalaman yang cukup dengan melihat beberapa proyek yang sedang mereka kerjakan.

Tanya teman atau kenalan

Tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu kepada teman atau kenalan yang telah menggunakan jasa perusahaan kubah masjid yang Anda pilih. Jika Anda berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman, Anda dapat memilih pabrikan kubah mana yang bisa diandalkan. Anda juga bisa mendapatkan saran tentang cara menemukan pembuat kubah masjid yang bagus. Kebanyakan orang membagikan informasi mereka berdasarkan pengalaman. Anda memerlukan pengalaman orang-orang yang telah menggunakan layanan ini.

Jangan tergoda dengan harga murah

Karena harga rendah terkait langsung dengan bahan di pasar, Anda harus berhati-hati dan selektif ketika memilih produk terbaik. Periksa apakah penawaran sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Pilih bahan berkualitas yang digunakan.

Pilih kontraktor pemasangan kubah yang benar-benar memahami perhitungan kekuatan struktural dan material lapangan dan tidak didasarkan pada asumsi dan perkiraan. Pabrik kubah yang bagus tentu akan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Jika Anda berpikir bahan yang Anda gunakan berkualitas buruk, Anda harus menunda bekerja dengan pabrik kubah. Penggunaan material berkualitas buruk tidak membuat kubah masjid permanen.

Periksa jenis bahan yang ditawarkan

Perhatikan baik-baik jenis bahan yang digunakan dan, jika perlu, temukan pro dan kontra dari jenis bahan secara detail.

Kontraktor yang dapat hadir

Untuk memiliki tim dan tenaga ahli yang dapat mempresentasikan hasil pekerjaan mereka dan untuk memberikan pelanggan pengetahuan yang jelas dan komprehensif tentang area kerja mereka. Kontraktor yang baik menjelaskan pro dan kontra materi yang akan digunakan.

Kontraktor memiliki SOP yang ketat

Pilih mereka yang penerapan standar kerja atau SOP-nya cukup ketat dalam penerapannya. Ini untuk menjamin kualitas dan keamanan bahan yang digunakan. Bahan yang dipasang harus memiliki standar kualitas bahan yang sesuai sehingga dapat dianggap estetika dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *