Masjid Roosniah Al-Achmad, Masjid Kubah Batu Merah dan Kaca patri

Masjid Roosniah Al-Achmad adalah masjid megah di kompleks perumahan elit, Bogor Nirwana Residence (BNR).

Selain lokasinya yang strategis, karena berada di sisi jalan, masjid ini juga berada di tengah sehingga menjangkau semua penghuni BNR.

Dilihat dari luar, bangunan masjid di Desa Mulyaharja, Kabupaten Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, memiliki arsitektur modern.

Berbagai simbol Islam yang sering terlihat di sebagian besar masjid, seperti kubah dan bintang bulan di atas, tidak terlihat jelas di masjid Roosniah Al-Achmad.

Masjid ini digunakan oleh warga untuk layanan ibadah setiap hari, bahkan di bulan Ramadhan.

Selain lokasinya yang strategis karena berada di sisi jalan, masjid ini juga berada di tengah, sehingga menjangkau semua penghuni BNR.

Masjid Roosniah Al-Achmad, Masjid Kubah Batu Merah dan Kaca patri

Dilihat dari luar, bangunan masjid di desa Mulyaharja di Kabupaten Bogor Selatan di Kota Bogor memiliki arsitektur modern.

Yang terlihat hanyalah kubah unik dengan sentuhan modern yang menyerupai kuncup di kepalanya.

Menurut ungkapan dari Pembuat Kubah Masjid menjelaskan bahwa masjid ini mempunyai Kubah terdiri dari komposisi batu merah dan kaca dengan pola tulisan suci Allah SWT.

Arsitektur bangunan masjid adalah karya seorang arsitek terkenal, Achmad Noeman, dan putranya Fauzan Noeman, Ustaz H. Mulyoko, imam masjid Roosinah Al-Achmad, mengatakan kepada TribunnewsBogor.com.

Ada halaman besar di bagian depan masjid, tetapi tidak boleh digunakan untuk memarkir kendaraan.

Tanah disediakan khusus di belakang masjid, yang memiliki taman bermain anak-anak, untuk kendaraan parkir, katanya.

Masjid memasuki interior dan terdiri dari dua lantai, yang keduanya berfungsi sebagai ruang utama untuk sholat. Lantai atas khusus untuk penyembah wanita.

Yang unik adalah bahwa bagian dalam masjid tidak dilengkapi dengan tiang, yang biasanya ditemukan di dalam masjid.

Ruangan demikian terlihat tegang dari belakang ke depan.

Rongga di lantai dua, yang identik dengan bentuk lurus atau melengkung, juga zig-zag pada sudut 90 derajat dan dilengkapi dengan dinding kaca untuk memperkuat kesan modern.

Sebagian besar dinding di masjid adalah kaca patri, yang merupakan kombinasi dari merah, biru, hijau dan oranye.

Selain atapnya tinggi, yang tidak membuat kamar pengap, karpet di masjid juga dikenal karena kebersihan dan keharumannya.

Banyak jamaah mengatakan bahwa ini adalah masjid dengan karpet yang wangi dan tebal. Dia mengatakan itu nyaman dan nyaman untuk berlama-lama di dalamnya, katanya.

Tidak heran jika ada mobil dan motor dari para peziarah yang melaksanakan sholat Jumat setiap Jumat sore di tempat parkir Majod dan di jalan-jalan di sekitar masjid.

Terutama ketika saya berdoa, jalan-jalan dapat dihalangi oleh penduduk yang telah selesai berdoa, kata cerita itu.

Masjid ini dibangun oleh pengusaha dan politisi Aburizal Bakrie sebagai tanda pengabdian kepada ibunya Hj. Roosniah Achmad Bakrie.

Karena itu, nama masjid diambil dari nama ibunya dan diresmikan pada 30 Juli 2011 oleh mendiang istri Hj Roosniah Achmad Bakrie, yang juga dihadiri oleh Walikota Bogor, Diani Budiarto, katanya.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 7.000 m2 dengan luas bangunan 1.650 m2 dan menelan biaya sekitar Rp 10 miliar.

Keberadaan masjid ini juga merupakan jawaban atas kepedulian lama warga BNR.

Hingga saat ini, warga hanya menggunakan masjid kecil di kluster yang tidak bisa menampung semua penghuni.

Di masa lalu, penduduk sholat Ied menggunakan koridor The Jungle Mall dan toko-toko Nirvana Epicentrum, jadi tidak ada masjid untuk menampung jamaah, katanya.

Setelah peresmiannya, semua warga BNR dapat menggunakan masjid ini untuk sholat Ied dan Jumat, karena menawarkan ruang untuk sekitar 2.500 orang.

Visi dan misi membangun masjid ini adalah untuk memberantas tiga kebutaan yang buta terhadap pemahaman Alquran, buta terhadap praktik ibadah, dan buta terhadap Akhlaqul Karimah.

Hal lain yang menarik dari masjid ini adalah bahwa setelah setiap sholat gereja, terutama setelah sholat Jum’at dan sholat Tarawih, Imam meminta gereja untuk dengan tulus membacakan Al Fatihah kepada mendiang istri Hj Roosniah Achmad Bakrie.

Berbicara mengenai Kubah Masjid,kali ini kami akan sedikit memberikan informasi kepada anda mengenai pemesanan dan memilih jasa kontraktor kubah masjid yang benar

Menggunakan layanan kontraktor untuk kubah masjid juga menawarkan beberapa manfaat, termasuk membuat pekerjaan lebih efisien dan tepat waktu. Dengan sejumlah besar kontraktor kubah masjid, tidak mudah untuk menemukan seseorang yang benar-benar kompeten dan berpengalaman di bidangnya. Dibutuhkan ketelitian dan kesabaran sebelum Anda menemukan yang tepat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan dari perusahaan kubah masjid.

survei

Saat memilih kontraktor untuk kubah masjid, Anda harus terlebih dahulu melihat hasil karyanya. Tentu saja, pembuat kubah bekerja pada banyak proyek dengan kualitas yang baik, dan Anda dapat melihat dan mengevaluasi hasil pekerjaan mereka jika Anda pantas memilih. Jika Anda tidak memiliki kualitas, Anda dapat mencari produsen kubah masjid lainnya. Pilih siapa yang memiliki pengalaman yang cukup dengan melihat beberapa proyek yang sedang mereka kerjakan.

Tanya teman atau kenalan

Tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu bertanya kepada teman atau kenalan yang telah menggunakan jasa perusahaan kubah masjid yang akan Anda pilih. Jika Anda berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman, Anda dapat memilih pabrikan kubah mana yang bisa Anda andalkan. Anda juga bisa mendapatkan saran untuk menemukan pembuat kubah masjid yang bagus. Kebanyakan orang membagikan informasi mereka berdasarkan pengalaman. Pengalaman orang-orang yang telah menggunakan layanan ini sangat Anda butuhkan.

Jangan tergoda dengan harga murah

Karena harga rendah berkorelasi langsung dengan bahan-bahan di pasaran, Anda harus berhati-hati dan selektif ketika memilih produk terbaik. Periksa apakah penawaran harga sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Pilih bahan berkualitas yang digunakan.

Pilih kontraktor instalasi kubah yang benar-benar memahami perhitungan kekuatan struktur dan material lapangan dan tidak didasarkan pada asumsi dan perkiraan. Produsen kubah yang baik pasti akan menggunakan bahan berkualitas. Jika Anda yakin bahwa bahan yang Anda gunakan berkualitas buruk, Anda harus menunda bekerja dengan pabrik kubah. Penggunaan material yang tidak berkualitas baik tidak menjadikan hasil kubah masjid permanen.

Periksa jenis bahan yang ditawarkan

Perhatikan baik-baik jenis bahan yang digunakan dan, jika perlu, cari tahu kelebihan dan kekurangan dari jenis bahan yang ditawarkan secara detail.

Kontraktor yang dapat hadir

Untuk memiliki tim dan tenaga ahli yang dapat mempresentasikan hasil pekerjaan dan untuk menyediakan pelanggan dengan pengetahuan yang jelas dan menyeluruh tentang bidang pekerjaan mereka. Kontraktor yang baik menjelaskan kelebihan dan kekurangan bahan yang akan digunakan.

Kontraktor memiliki SOP yang ketat

Pilih mereka yang penerapan standar pekerjaan atau SOP-nya cukup ketat dalam penerapannya. Ini untuk memastikan kualitas dan keamanan bahan yang digunakan. Bahan yang dipasang harus memiliki standar kualitas bahan yang tepat sehingga dapat dipertimbangkan secara estetika dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *